Halaman

Kamis, 30 Mei 2013

Karakteristik Konsep Dasar IPS Dan Hakikat Mata Kuliah Konsep Dasar IPS

Karakteristik Konsep Dasar IPS
Dan
    Hakikat Mata Kuliah Konsep Dasar IPS

Untuk mengetahui Karakteristik Konsep dasar IPS dan Hakikat Konsep Dasar IPS kita harus tahu apa pengertian IPS.
IPS adalah       :
1.      Sebagai mata pelajaran di dalam kurikulum ( SD, SMP, SMA )
2.      Sebagai Academic discipline / Area Of Study ( PT )
Adapun Kompetensi dasar IPS  :
1.      Dapat Menjelaskan IPS sebagai Program Pendidikan
2.      Dapat Menjelaskan Hakikat IPS dilihat dari istilah,definisi,tujuan dan fungsi IPS itu sendiri
3.      Dapat Menjelaskan Karakteristik Konsep Dasar IPS
Ø  Pengertian IPS sebagai Academic discipline / Area Of Study ( PT )
Sebagai Academic discipline / Area Of Inquiri ( PT ) adalah Pada jenjang Perguruan Tinggi yang yang melakukan Kajian, Fenomena, Proses belajar, Bahan belajar, Sumber belajar, Aktivitas siswa dan guru yag berkenaan dengan kependidikan IPS di jenjang persekolahan.
Ø  Lalu kita juga harus mengetahui tentang Hakikat Konsep Dasar IPS itu sendiri
Hakikat Konsep Dasar IPS ada tiga yaitu :
  1. Ilmu Sosial (Social Sciences)
  2. Studi Sosial (Social Studies)
  3. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Ø Terkadang Kita suka keliru antar IPS dan IIS, IPS ( Ilmu Pengetahuan Sosial ) lebih menitik beratkan kepada sifat Interdisipliner dan Multidisipliner dimana dalam Topik – topik IPS dapat di ubah menjadi sebuah Isu, sedangkan IIS ( Ilmu – Ilmu Sosial ) lebih menitik beratkan kepada Interdisipliner contohnya discipline pada bidang Ilmu Antropologi.
Ø Study social ada dua pendapat tentang study social pertama pendapat Prof. Achmad Sanusi yang berpendapat bahwa Studi Sosial tidak hanya untuk akademis atau unversitas akan tetapi untuk bahan pelajaran Tingkat dasar, Studi Sosial bersifat Interdisipliner dimana harus menentukan terlebih dahulu judul, permasalahan yang di lihat dari segi Logika dan berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Sedangkan menurut Jhon Jarolimek Studi Sosial adalah tugas untuk tingkat dasar sampai tingkat lanjut untuk bias membina, memecahkan, menyelesaikan masalah yang ada pada warga masyarakat agar menjadi lebih baik dalam materi ataupun metode yang sesuai dengan misi yang sedang di embannya.
Ø IPS sebagai sarana Ilmu yang dimaksud adalah IPS dapat membagi manusia dalam 3 segi waktu ruang hidup :
Ø Sejarah menjelaskan Man In Time
Ø Geografi menjelaskan Man In Space
Ø Antropologi menjelaskan Man In Life
Ø Pengrtian IPS di sekolah adalah Suatu penyederhanaan disiplin pada Nilai – nilai, kwarganegaraan, moral berfikir Ilmuan atau mengambil kebaikan
Ø Tujuan IPS di sekolah adalah mempersiapkan peserta didik sebagai warganegara yang mempunyai skill,sikap,nilai, dan dapat memecahkan masalah pribadi ataupun social dengan cara mengambil keputusan.
Ø Karateristik IPS
1.      Sebagai bahan pengembangan pembelajaran
2.      Sebagai program pendidikan dari tingkat SD sampai tingkat lanjutan
3.      Konsep dasar IPS di kembangkan melaui social, Politik, Hukum, Ekonomi, Sejarah, Geografi, Sosiologi, Antropologi.
Ø Tujuan utama setiap pembelajaran Ilmu social adalah membuat warga Negara yang baik ( Good Citizenship ) oleh karena itu masyarakat yang menjadi sumber utama IPS, Aspek kehidupan social apapun yang kita pelajari apakah itu hubungan social dengan segala aspek dan permasalahnya tidak selalu dapat kita pelajari secara langsung contohnya dalam kehidupan social kita pada masa yang telah lau yang tida kita alami langsung, Namun demikian peristiwa – peristiwa yang bersejarah itu sangat bermakna bagi kehidupan kita saat ini.



Keritikan
Terkadang saya heran kepada sikap warga masyarakat, siswa dan juga mahasiswa. Disini di sebutkan bahwa tujuan utama mempelajari ilmu – ilmu social adalah menjadikan warga masyarakat yang baik ( Good Citizenship ) dan disini juga dikatakan bahwa tugas utuk tingkat sekolah dasar sampai dengan tingkat lanjutan untuk dapat membina, memecahkan, menyelesaikan masalah yang ada pada pribadi ataupun social dengan cara mengambil keputusan dan dibekali dengan sikap yang baik mempunyai skill, Moral, Nilai – Nilai, sikap kwarganegaraan. Namun apa yang terjadi sering kita dengar tentang warga berselisihan memperebutkan kekuasaannya, lalu apa  jalan yang mereka ambil dalam menyelesaikan masalah bukan dengan cara  mengambil keputusana yang baik akan tetapi dengan sikap anarkis sehinga menyebabkan korban jiwa, dan kita sering dengar tentang mahasiswa membunuh teman atau dosennya sendiri dan siswa sekolah dasar membunuh temanya dengan cara menusukan pisau ke tubuh temannya berulangkali, lalu dimana sikap2 yang telah di sebutkan tadi sehingga timbul permasalah seperti ini tidak Nampak dalam diri mereka tentang sikap – sikap itu. Itulah kurangnya pendidikan Indonesia kurangnya menanmkan sikap – sikap tersebut lalu apa cara yang harus dilakukan untuk dapat memwujudkan Good Citizenship ?






Tidak ada komentar:

Posting Komentar